DILARANG MEROKOK RUANG BLOG INI BER AC

Rabu, 28 September 2011

Pengalaman Dalam Membangun Sebuah Sistem Informasi

sebelum kita masuk ke dalam pengalaman saya dalam membangun sistem informasi,ada kala nya kita mengetahui dulu apa itu sistem informasi.

Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi seperti operasi, instalasi, perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.
Sistem informasi menerima masukan data dan instruksi, mengolah data tersebut sesuai instruksi dan mengeluarkan hasilnya. Model dasar sistem : masukan, pengelolahan dan keluaran adalah cocok bagi kasus sistem pengolahan informasi sering membutuhkan data yang telah dikumpulkan dan diolah dalam periode waktu sebelumnya. Fungsi pengolahan informasi sering membutuhkan data yang telah dikumpulkan dan diolah dalam periode waktu sebelumnya. Oleh karena itu, ditambahkan sebuah penyimpanan data file (data file storage) ke dalam model sistem informasi.

nah ini lah pengalaman saya dalam membangun sebuah sistem informasi,tepat nya pada semester 4 kemarin.saya diberikan tugas kelompok untuk membuat sebuah sistem informasi yaitu program aplikasi untuk rumah sakit menggunakan bahasa pemrograman java.aplikasi ini dibuat oleh kelompok yang berjumlah 6 orang.

aplikasi rumah sakit ini harus bisa menginput,menyimpan dan menampilkan data dari pasien atau data-data dari rumah sakit itu sendiri. kami buat program tersebut dengan beberapa class, dan yang pasti kami harus menggabungkan beberapa database, seperti database dokter, database pasien, database fasilitas rumah sakit dan masih ada beberapa lagi database yang kami buat.kami pun menemukan kesulitan yaitu saat menghubungkan program java ke sql.

dan dengan aplikasi ini juga,user dari rumah sakit dapat mencetak total pembayaran untuk pasien sesuai dengan biaya-biaya perawatan dan fasilitas kamar yang dipilih untuk rawat inap.dan juga terdapat biaya tambahan lainnya,yang pastinya biaya-biaya tambahan itu terdapat database sendiri. aplikasi ini juga secara otomatis menampilkan date & time saat pasien masuk dalam rawat inap.

demikian pengalaman dalam membangun sistem informasi yang saya ceritakan,dan kami berharap aplikasi untuk rumah sakit yang dibuat dapat bermanfaat nantinya.
aplikasi kami pun belum sempurna,masih perlu banyak diperbaiki untuk dapat menyempurnakannya ,terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

MOHON MAAF BILA ADA YANG KURANG BERKENAN