DILARANG MEROKOK RUANG BLOG INI BER AC

Rabu, 13 April 2011

program ruby dengan class mobil

Pada kali ini saya akan membahas program mobil yang saya buat,saya memakai RUBY (SCITE) dalam pembuatan program ini,serta penggunaan class dan ini logika program nya:


• Pertama-tama kita buat class mobil, class mobil : artinya ini adalah program utama mobil yang memiliki local program didalamnya,.
• Def initialize(wr,mrk,thn) :Fungsi initialize akan dijalankan secara otomatis ketika ada proses instansiasi. Bila terdapat penurunan class, maka constructor yang akan dipanggil adalah dari class anak.Agar constructor bisa dipanggil semua kita harus memanggilnya secara explisit pada class anak. , kemudian diikuti oleh argumen dalam tanda kurung –> argumennya adalah wr,mrk,thn .Apabila terdapat multiple arguments harus dipisahkan dengan tanda koma.
• dan @warna sebagai wr, @merk sebagai mrk,@tahun sebagai thn.

• Dan selanjutnya kita membuat fungsi warnanya. def warnanya keyword def pada code tersebut menandai permulaan deklarasi fungsi, diikuti dengan nama fungsi –> jadi nama fungsi pada code di atas adalah warnanya.Dan akan memanggil atau akan mengembalikan @warna.

• Dan selanjutnya kita membuat fungsi merknya. def merknya keyword def pada code tersebut menandai permulaan deklarasi fungsi, diikuti dengan nama fungsi –> jadi nama fungsi pada code di atas adalah merknya.Dan akan memanggil atau akan mengembalikan @merk.

• Dan selanjutnya kita membuat fungsi tahunnya. def tahunnya keyword def pada code tersebut menandai permulaan deklarasi fungsi, diikuti dengan nama fungsi –> jadi nama fungsi pada code di atas adalah tahunnya.Dan akan memanggil atau akan mengembalikan @tahun.


• humvee=Mobil.new("merahmarun","ferrari",2010)artinya mobil adalah program utama dan humvee dinyatakan sebagai variable. Dan ("merahmarun","ferrari",2010) adalah sebagai argument.
• Setelah itu kita mencetak warna,merk,tahun dengan memanggil fungsi warnanya,merknya,dan tahunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

MOHON MAAF BILA ADA YANG KURANG BERKENAN